Catatan Menjelang Perayaan May Day

 

Brigade Aksi ASPEK Indonesia mengawal aksi pra May Day(Dokumentasi Alfasah)

 

Bulan Mei akan selalu menjadi bulan istimewa bagi para buruh di seluruh dunia, pada tanggal 1 Mei di peringati sebagai hari buruh internasional. Bagaimana perayaan May Day di negeri tercinta? May Day menjadi libur nasional sejak tahun 2014 saat Soesilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden Republik Indonesia. Tahun ini pun May Day akan di peringati bersama sama oleh kaum buruh.

Moment pemanasan menjelang May Day adalah aksi pra May Day yang telah di lakukan pada tanggal 12 April 2017, adapun aksi serentak di laksanakan di bebrapa kota di berbagai provinsi di Indonesia seperti Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa provinsi lainnya. Aksi Pra May Day mengusung 4 tuntutan  yang merupakan perjuangan kaum buruh.

Massa aksi buruh di depan kantor MK(dokumentasi: Mulyono UT)

Tuntutan pertama adalah agar pemerintah segera mencabut PP 78/2015 yang terbukti pro upah murah, Presiden KSPI Said Iqbal mengkritik kenaikan upah minimum setara dengan harga satu potong kebab, sangat sedikit sekali, padahal lonjakan harga terus mendaki dan menyebabkan  daya beli buruh dan masyarakat menengah ke bawah menurun.

Tuntutan kedua adalah menolak revisi Undang Undang 12/2013 dan sistem pemagangan. Ada upaya yang sistematis untuk melempangkan jalan “ pasar kerja flexibel”, mudah merekrut dengan bayaran murah dan di kondisikan juga nantinya ada pemecatan secara murah atupun dengan jalan mem PHK dengan pesangon yang tak layak.

Tuntutan ketiga, aksi pra May Day akan bersolidaritas bagi buruh di PT Smelting, Gresik yang di PHK secara sepihak oleh management. Aksi Pra May Day pun akan mendatangi kantor KPK, buruh KSPI mendesak agar dalang kasus korupsi E-KTP segera di adili, korupsi merupakan permasalahan yang membelenggu bangsa ini. Korupsi adalah musuh bangsa, karena korupsi uang negara mengalir ke kantong segelintir orang.

Keadilan sosial dan sejahteranya rakyat Indonesia akan semakin sulit di wujudkan gegara korupsi, buruh akan mengambil peran melawan korupsi!

 

Buruh mendukung perjuangan perempuan Kendeng(Dokumentasi Eri Wibowo)

Pra May Day merupakan momentum awal untuk pelaksanaan May Day pada tanggal 1 Mei, ASPEK Indonesia yang merupakan bagian integral dari KSPI, turut serta dalam aksi yang di selenggarkan pada hari Rabu lalu, merebut kesejahteraan merupakan cita cita bersama, mari kita terus jaga agar May Day merupakan titik balik kesejahteraan buruh Indonesia.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *