Artikel

DPW ASPEK Provinsi Bali: Berjuang Untuk Upah Layak Di Jantung Pariwisata Indonesia

Pengurus DPW Provinsi Bali saat hadir dalam Rakernas ASPEK Indonesia di Cisarua(dokumentasi TI)

 

 

Kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi yang mengunjungi Indonesia dengan durasi waktu cukup lama membetot perhatian publik tanah air. Jakarta dan pulau Bali menjadi tempat singgah bagi raja yang lahir pada tanggal 31 Desember 1935. Bahkan kunjungan Raja Salman di pulau Bali di perpanjang dari jadwal. Bali merupakan tujuan wisata di Indonesia, kemolekan Bali yang mendapat julukan Pulau Dewata memang sudah terkenal ke manca negara, sektor pariwisata menjadi daya pikat luar biasa, namun di balik semua itu ada sebuah pertanyaan, seberapa sejahtera kah para pekerja di sana?

Menarik untuk di simak adalah penuturan pengurus DPW ASPEK Provinsi Bali yang beberapa waktu lalu melakukan wawancara dengan team media ASPEK Indonesia, ada satu hal yang sering luput adalah permasalahan upah layak di Bali. Sebagai daerah tujuan wisata utama tanah air, Bali relatif mempunyai kebutuhan hidup layak yang cukup tinggi, dan mungkin melebihi Jakarta sebagai ibu kota, namun kisaran upah ternyata Bali masih di kisaran bawah dua juta rupiah.

Issue upah murah menjadi sebuah topik hangat di pulau Bali selain tentang reklamasi, perjuangan upah layak perlu di sinergikan agar menggugah militansi pekerja di Bali. Dalam hal ini DPW ASPEK Provinsi Bali yang pada tanggal 9 Januari 2017 telah melakukan konsolidasi berharap semua anggota DPW lebih optimal  dalam mengemban tugas.

Menurut Dewa Gde Muktiyasa perjuangan DPW ASPEK Provinsi Bali bagaimana berjuang di dewan pengupahan karena belum adanya perwakilan di dewan pengupahan. Upah di Pulau Bali semestinya lebih dari kota Jakarta misalnya karena selain kebutuhan hidup, ada juga kebutuhan kebutuhan ritual yang menjadi kegiatan ikonik di pulau Dewata, paling tidak angka 4 juta merupakan upah minimal di Bali.

Bali dengan segala keunikan dan eksotisme yang merupakan aset wisata utama di Indonesia semestinya memberi juga peluang mendapatkan upah layak bagi para pekerjanya. Semoga upaya keras di jajaran pengurus DPW ASPEK Provinsi Bali bisa mewujudkan upah layak dan tentunya itu harapan kita semua.(team media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *