Ikhtiar Sektor Commerce & Ritel Agar Perusahaan Melaksanakan Pergub Nomor 16 Tahun 2018

 

Membangun keakraban meski lintas federasi(Dok Tim Media ASPEK)

Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota, Anies Baswedan telah menetapkan 11 sektor atau subsektor untuk Upah Minimum Sektoral Provinsi(UMSP) tahun 2018, dan sektor ritel termasuk dalam UMSP, meski telah di undangkan pada tanggal 12 Maret 2018, masih ada perusahaan yang belum memberikan Upah Sektoral. Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang harus secepatnya di tangani, sektor Commerce & Ritel ASPEK Indonesia mengadakan pertemuan yang melibatkan anggota afliasi yang merupakan bagian dari sektor Commerce& Ritel.

Acara yang di gagas anggota Dewan Pengupahan Provinsi DKI Jakarta, Dedi Hartono S. Sos ini membahas cara advokasi bagi perusahaan yang upah sektoralnya belum di bayarkan. Pertemuan berlangsung di Ikan Bakar Banyuwangi di hadiri perwakilan dari Serikat Pekerja Hero Super Market, SKARTITO, SP RALS dan juga FSP NIBA KSPSI Alfa Retailindo, meski lintas federasi namun pertemuan ini berlangsung hangat.

Masing masing perwakilan membahas permasalahan yang terjadi di afliasi dan di pecahkan bersama sama untuk mendapatkan jalan keluar terbaik, selain pembahasan UMSP berdasarkan Pergub Nomor 16 Tahun 2018, pertemuan membahas perkembangan revolusi industri 4.0 yang juga akan menyasar sektor Commerce. Menurut ketua umum SKARTITO, digitalisasi adalah keniscayaan bagi dunia ritel, satu ketika peran kasir dan peran manusia dari hilir hingga hulu sektor ritel akan mengalami sebuah lompatan yaitu bergantinya peran manusia oleh robotisasi, dan ini telah di lakukan di India.

Hal lain juga di informasikan oleh Dedi Hartono, bahwa selayaknya apa yang telah di perjuangan harus benar benar di dapatkan, jangan sampai afliasi di sektor Commerce&Ritel diam termangu di saat upah sektornya tidak di bayarkan pihak perusahaan, menurut Dedi Hartono seharusnya jika upah sektoral tidak dibayarkan maka Serikat Pekerja dapat mengupayakan Bipatrit agar upah sektoral segera di bayarkan.

Bersemangat untuk goal setting Pergub Nomor 16 Tahun 2018 di implementasikan(dok tim media ASPEK)

Penetapan dari Pergub Nomor 16 Tahun 2018 selayaknya di implementasikan, di perlukan dari anggota untuk mengedukasi upah sektoral yang tertera di Pergub, ada beberapa hal untuk di lakukan bila Pergub tidak di laksanakan, Serikat Pekerja melakukan Bipatrit tentang permasalahan upah sektoral, atau pun langkah lanjutnya meminta kepala dinas terkait melakukan sidak ke perusahaan yang membandel, semua itu goal settingnya agar apa yang di perjuangkan bisa di dapatkan oleh para pekerja. Semoga upaya sektor Commerce & Ritel bisa membuahkan hasil maksimal dan pada akhirnya semua perusahaan mematuhi Pergub Nomor 16 Tahun 2018, ayo kita berjuang bersama sehingga apa yang semestinya kita dapatkan bisa kita terima secara utuh.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *