Kamis Seru Berbagi Ilmu Di Gedung Baru United Tractor

 

 

Kunjungan SP RALS di sekretariat SP United Tractor(dokumentasi TI)

 

Bertempat di Jalan Raya Bekasi KM 22, Cakung Jakarta Timur, pertemuan hangat antara Serikat Pekerja United Tractor dan Serikat Pekerja Ramayana Lestari Sentosa. Di sambut jajaran Badan Eksekutif SP UT mulai dari ketua umum Ruddy Kusthana, Sekretaris Jenderal Mulyono, Ketua Bidang organisasi Eksternal Wawan Erfianto, Ketua Bidang Hubungan Industrial Indonesia I Muhammad Rukanda di sekretarat SP UT yang terletak di lantai 1 gedung baru United Tractor.

Kunjungan SP RALS yang di pimpin ketua umum Supriyanto dan di dampingi oleh Sekretaris Jenderal Saliman, hadir juga pengurus DPP SP RALS dan ketua PUK DC Tambun dan Depok. Agenda pertemuan adalah berbagi pengalaman tentang pengelolaan berserikat dan perbincangan tentang strategi pengembangan serikat pekerja dalam hubungan industrial yang mengedepankan sosial dialog.

Menurut Ruddy Kusthana dalam mengatur organisasi di perlukan penyelesaian dengan pola komunikasi dua arah yang dinamis. Selain itu apakah serikat pekerja di posisi mana bagi perusahaan, apakah sebagai oposisi atau mitra perusahaan, dan perlu juga di beri pemahaman kepada pengurus memahami Undang Undang Ketenagakerjaan, Undang Undang SP/SB ataupun UU Nomor 2 Tahun 2004 Tentang  Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Supriyanto yang merupakan ketua Umum SP RALS masa bakti 2015-2018 mengutarakan kendala kendala yang di hadapi SP RALS dalam pengorganisasian serikat, namun bukan berarti kendala adalah hambatan namun ini sebuah tantangan dan peluang agar SP RALS lebih di kenal oleh cabang cabang perusahaan  yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Meski kini SP RALS hanya memiliki 4 pengurus cabang namun tidak seharusnya berkecil hati dan tetap optimis bahwa akan ada penambahan pengurus cabang di daerah lain.

Pertemuan antara SP UT dan SP RALS merupakan langkah awal bagi anggota afliasi ASPEK untuk saling bersinergi agar informasi dan juga pengalaman antar serikat bisa terus berkembang. Dalam pertemuan yang di hadiri DPP ASPEK Indonesia yakni Putu Raka Pendit, ini adalah contoh baik agar ke depannya terbuka pertemuan pertemuan lanjutan yang memungkinkan anggota afliasi saling lebih mengenal secara intensif.

Keakraban antar afliasi ASPEK Indonesia, SP RALS dan SP UT(dokumentasi TI)

 

Berbagi tak akan pernah rugi, event pertemuan antara SP UT dan juga SP RALS merupakan langkah awal untuk semakin mengokohkan rasa persaudaraan di antara afliasi ASPEK Indonesia, berbagi ilmu dan berbagi wawasan semakin melapangkan cakrawala berpikir bahwa berserikat bagi pekerja adalah keniscayaan, hidup buruh. Bersatu Berjuang Sejahtera. (Team Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *