Kunjungan Delegasi Ua Zensen Ke Kantor DPP ASPEK Indonesia

Presiden ASPEK Indonesia mempresentasikan situasi kekinian tenaga kerja di Indonesia(Media ASPEK-TI)

 

Lawatan UA ZENSEN di Indonesia akhirnya menuju kantor ASPEK Indonesia setelah sebelumnya mengikuti seminar di Lotte Avenue.UA ZENSEN adalah Serikat Pekerja dari Jepang yang memiliki anggota sebesar 1.640.000, jumlah anggota dari sektor Commerce mencapai 961.657, sebuah jumlah yang signifikan tentunya, Delegasi UA ZENSEN yang di wakili Tamon Misio dan juga Hana Nakano hadir di kantor DPP ASPEK Indonesia yang terletak di Graha Alam Indah, Jalan Condet Raya RT 001/03. Di dampingi wakil Presiden ASPEK, Dewan Pakar, serta ketua sektor commerce-ritel, Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat memaparkan situasi perekonomian Indonesia pada umumnya yang juga berdampak besar terhadap pergerakan buruh di Indonesia.

Perlambatan ekonomi, otomatisasi gerbang tol, serta sejumlah dampak dari sistem cashless yang memungkinkan beberapa sektor tenaga kerja mengalami pemutusan hubungan kerja. Selain itu Presiden ASPEK Indonesia secara elegant menyebutkan bahwa permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia semakin berat dengan terbitnya PP 78/2015 karena Serikat Pekerja tidak di libatkan dalam pengupahan yang tentu saja ini bertentangan dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Hal yang di sorot tentang isue ketenagakerjaan di Indonesia adalah maraknya tenaga kerja illegal asal China yang masuk ke tanah air. Selian itu Presiden ASPEK pun memaparkan peluang dan tantangan bagi sektor Commerce-Ritel, di era kekinian sektor jasa memang harus terus melakukan inovasi inovasi di tengah gempuran trend ecommerce.

Tamon Misio dan juga Hana Nakano yang merupakan delegasi UA ZENSEN, persoalan tenaga kerja di Jepang adalah semakin banyaknya manula yang ada di negeri sakura menyebabkan tenaga kerja di sana lumayan repot untuk melayani orang tua di sela waktu kerja mereka.

 

Kunjungan UA ZENSEN di Giant Kalibata(Media ASPEK-TI)

Pasca pertemuan di kantor DPP ASPEK Indonesia, kunjungan di lanjutkan ke toko Giant Kalibata, pertemuan yang hangat pun terjadi, dari pihak Giant Kalibata turut menyambut delegasi UA ZENSEN, hadir Bapak Reza dari divisi Manager, bro Helmi pengurus DPC SPHS, bro Marullah dari DPW SPHS, rombongan ASPEK Indonesia pun juga hadir di Giant Kalibata, bro Encep Supriyadi ketua sektor commerce-ritel, bro Muhammad Hakim, dewan pakar ASPEK serta wakil presiden ASPEK Indonesia bro Jakwan.

Semoga kehadiran delegasi UA ZENSEN ini memberikan kontribusi positif bagi perkembangan buruh di Indonesia, bahwa di negara maju sekali pun seperti di Jepang, serikat pekerja tetap di butuhkan bagi terciptanya kesejahteraan pekerjanya. Semoga kuatnya kehadiran serikat pekerja seperti UA ZENSEN memberi inspirasi bagi kita semua untuk terus berjuang mendapatkan kesejahteraan yang seharusnya kita genggam.(Tim Media ASPEK-TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *