Latsar SP RALS: Membuka Jalan Pahami Pentingnya Berserikat

Mustiyah Muhid SH MH menjadi nara sumber dalam latsar SP RALS(dok Tim Media ASPEK/TI)

 

Tak dapat di pungkiri bahwa berserikat memang harus berhadapan dengan beragam resiko mulai intimidasi hingga pemberangusan serikat pekerja. Menghadapi semua itu di perlukan pemahaman agar nantinya anggota mampu mengadvokasi diri sendiri ataupun orang lain agar jalan berserikat menjadi sebuah keniscayaan. Pembekalan yang mumpuni dengan di barengi semangat belajar merupakan suatu hal yang sangat penting agar serikat pekerja bisa bertahan lama. Untuk itulah Dewan Pengurus Pusat Serikat Pekerja Ramayana Lestari mengadakan pelatihan dasar untuk para anggotanya.

Bertempat di Rumah Buruh Depok yang terletak di Jalan Setu Jatijajar Nomor 1, RT 002/02, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos- Kota Depok, acara yang di helat pada tanggal 28 Maret 2017 dengan nara sumber yakni Mustiyah Muhid SH MH yang mengambil tema Membangun Budaya Berunding dan memberikan tips tips kepada anggota SP RALS untuk melakukan negoisasi dengan cara mengumpulkan informasi, menetapkan sasaran, menentukan prioritas, mengembangkan strategi negoisasi, mengetahui keterikatan serta mempertimbangkan konsekuensi kegagalan.

Teknik advokasi di paparkan oleh nara sumber Arif Rachman SH(dok Team Media ASPEK/TI)

 

 

Nara sumber kedua adalah Arif Rachman SH, aktifis buruh Depok yang pernah menduduki ketua KPM ASPEK Indonesia ini memaparkan  tema advokasi perburuhan. Dalam ketenagakerjaan, advokasi adalah suatu kegiatan atau serangkaian tindakan yang berupa anjuran , pendampingan, pernyataan maupun pembelaan yang di lakukan terhadap pekerja/anggota atau organisasi terhadap suatu kondisi/ permasalahan tertentu.

Lebih lanjut Arif Rachman SH menerangkan juga pentingnya ragam perselisihan yang terjadi di ketenagakerjaan, sebagai dengan pemahaman yang baik maka anggota akan lebih cerdas bila nantinya menghadapi perselisihan yang mungkin saja terjadi.

Selepas coffe break, nara sumber ketiga adalah Alfasah yang saat ini merupakan ketua umum SEJAGAD, yang membahas tema Leadership. Dalam berorganisasi terutama untuk serikat pekerja, kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang di inginkan oelh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Pemotongan tumpeng oleh ketua umum SP RALS(dokumentasi Team Media ASPEK/TI)

 

 

Menurut ketua umum SP RALS, latihan dasar ini menjadi penting bagi anggota SP RALS yang tersebar di kota Bekasi, Depok dan Jakarta agar nantinya di PUK masing masing mampu menyebarkan kembali ilmu yang di dapat, selain itu basic training yang di adakan terkait juga konsolidasi bagi para anggota. Di akhir acara, sebuah moment istimewa yakni pemotongan nasi tumpeng sebagai pertanda rasa syukur karena beberapa waktu lalu SP RALS memenangkan perkara di PHI Bandung.

Selamat dan sukses untuk SP RALS yang telah melaksanakan latihan dasar bagi para anggotanya, semoga pemahaman untuk berserikat selalu tertanam di hati para anggota, sudah saatnya SP RALS terus berjuang dan hingga kesejahteraan dalam genggaman, amin.(Team Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *