Memaknai Sosial Dialog Dan Sosial Partnership Bersama Serikat Pekerja AGD 118

Bro Hakim memaparkan pentingnya Sosial Dialog serta Sosial Partnership(Dokumentasi: Putu)

 

Serikat Pekerja adalah sebuah keniscayaan dalam sebuah hubungan industrial, data Departemen Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyebutkan bahwa buruh yang berserikat mencapai 2,7 juta. Dalam trend kekinian sosial dialog dan sosial partnership adalah hal yang patut untuk di kedepankan, kesetaraan antara management dan juga perwakilan serikat pekerja bukanlah isapan jempol semata.

ASPEK Indonesia yang selama ini di kenal sebagai sebuah federasi pekerja yang terus mendorong upaya upaya sosial dialog agar tercipta hubungan industrial yang harmonis, memberikan ruang agar kesepakatan di capai dengan cara cara elegant dan juga mencapai hasil optimal. Hal ini pula yang membuat divisi Penelitian dan Pengembangan ASPEK Indonesia selalu berupaya agar afliasi ASPEK terus meningkatkan pengetahuan ketenagakerjaan.

Pada tanggal 2 April 2017, bertempat di sekretariat SP Ambulan Gawat Darurat 118 yang terletak di Jalan Sunter Permai Raya Kav 1, Podomoro-Jakarta Utara. Di selenggarakan training tentang Dasar Serikat Pekerja Dan Sosial Dialog-Sosial Partnership. Adapun nara sumber adalah Bro Putu Raka Pendit serta Muhammad Hakim.

Dalam training ini di bahas tentang perlunya dialog dengan sarana hubungan industrial, salah satunya adalah LKS Bipatrit. Dalam training juga di paparkan tentang kiat kiat agar hubungan industrial berjalan dengan baik, salah satu contoh adalah dengan mengadakan pertemuan secara rutin yang melibatkan wakil dari Serikat Pekerja dan juga pihak management untuk membahas permasalahan yang terjadi dan juga pemecahan permasalahan dengan pencarian solusi terbaik.

Dan satu hal yang menarik dari training ini adalah bagaimana meredam isu isu negatif yang berkembang dan mencari akar permasalahannya di perusahaan, namun pada akhirnya harus ada formula jitu agar masalah di selesaikan secara tuntas. Semoga dengan di adakannya training Sosial Dialog-Sosial Partnership memberikan pemahaman yang lebih terukur bagi anggota yang bernaung dalam Serikat Pekerja AGD 118.

 

Anggota SP AGD 118 pose bareng dengan nara sumber seusai acara training(dok: Putu) 

Pada akhirnya dengan training ini, anggota SP AGD 118 dapat wawasan baru dan cakrwala berpikir lebih jernih agar sosial dialog dan sosial partnership merupakan sebuah keniscayaan untuk membuka jalan agar hubungan industrial semakin membaik. Sukses selalu untuk kawan kawan Serikat Pekerja AGD 118, semoga perjuangan untuk terus belajar menjadi titik balik agar SP AGD 118 tetap solid dan bersatu.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *