Memperkuat Posisi Pekerja Di Era Kecerdasan Buatan

Bulan November memang baru saja berlalu, namun ternyata di bulan tersebut kota Jakarta di kunjungi delegasi delegasi dari mancanegara yang membahas tentang era digital dan bagaimana para pekerja mengantisipasinya. Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan di ciptakannya kecerdasan buatan yang tujuan awalnya untuk memudahkan manusia melakukan pekerjaan ternyata memberi dampak yang cukup signifikan.

Di negara negara maju, teller bank konvensional yang dulunya di isi oleh pekerja, kini di gantikan dengan mesin mesin kasir, bahkan kini di Indonesia pun misalnya, penjaga gardu tol yang harus menepi dengan otomatisasi gardu tol. Masih ingat kan saat viralnya pengguna jalan tol yang enggan memakai kartu tol elektronik.

5TH UNI APRO Commerce Sector Conference yang di adakan pada tanggal 21-23 November lalu memberikan gambaran tentang peluang para pekerja sektor commerce untuk menghadapi gelombang revolusi industri di era digital. Kecerdasan buatan yang di kembangkan memang mampu membuat hidup lebih mudah, namun di sisi lain hal ini akan menggantikan pekerja.

 

Wakil dari Indonesia yang juga ketua sektor Commerce ASPEK Indonesia yakni Bro Encep mengatakan dalam wawancara dengan tim Media ASPEK Indonesia melalui telepon mengatakan bahwa perkembangan teknologi digital akan membawa perubahan besar dan inilah yang menjadi penguatan bagi serikat pekerja untuk memberdayakan anggotanya agar internal pekerja terus melakukan pengembangan diri melalui training, skill training dan juga koordinasi dengan pemerintah ataupun pengusaha.

Antisipasi yang tepat bagi pekerja tentunya adalah hal yang mampu mengadaptasi perubahan zaman, dan itu menjadi bagian pembahasan dari 200 peserta yang merupakan perwakilan 15 negara UNI APRO. Semoga apa yang di hasilkan pada pertemuan UNI APRO Commerce Sector Conference memberikan paradigma baru bahwa dengan ber serikat maka pekerja pun semakin mahir dan terus mengasah keterampilan agar mampu melewati revolusi industri ini dengan cara yang elegant dan cerdas.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *