Menatap Optimisme Dari Sektor Pariwisata

Manaman, Ketua sektor Pariwisata ASPEK Indonesia(Dok Media ASPEK)

 

Dengan memiliki pulau di atas angka 17 ribuan, panorama yang memikat serta matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun, nusantara memang pantas di sebut untaian zamrud khatulistiwa, rasa penasaran akan nuansa tanah air membuat orang orang pun ingin menjejakan kaki di kepulauan Indonesia, tak ayal lagi industri pariwisata pun terus berkembang. Data BPS menyebutkan bahwa jumlah angka wistawan mancanegara hingga bulan November 2017 mengalami kenaikan sebesar 5,85% di banding tahun lalu. Sedangkan jumlah kunjungan turis manca negara di periode Januari-November 2017 mencapai 12, 68 juta kunjungan.

Jakarta sebagai gerbang utama Indonesia dengan memiliki sejumlah hotel berbintang terus bersiap dengan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik, bagaimana mereka yang berada di sektor pariwisata? Baru baru ini tim Media ASPEK mewawancarai Bro Manaman yang merupakan ketua sektor Pariwisata, pria yang sehari harinya bekerja di Hotel Ibis Kemayoran.

Dalam empat tahun terakhir sektor pariwisata mengalami perkembangan cukup signifikan, sebagai perbandingan, empat tahun lalu di kawasan Kemayoran baru berdiri beberapa hotel namun kini pembangunan hotel seakan menjamur dan persaingan pun semakin ketat. Saat ini ada istilah Daily Worker atau pekerja harian, bekerja saat itu di bayar ketika hotel mengalami jumlah kunjungan yang banyak, biasanya itu terjadi jika tidak ada Serikat Pekerja di hotel tersebut. Menurut Manaman bahwa di sektor Pariwisata untuk minat menjadi karyawan berserikat masih minim, perjuangan untuk menyadarkan betapa pentingnya serikat di sektor pariwisata terus du upayakan dengan cara persuasif.

Sektor Pariwisata yang merupakan bagian dari ASPEK Indonesia mensupport pemerintah terutama di bidang pengawasan ketenagakerjaan agar hak hak pekerja di dapatkan. Menurut Manaman, tahun ini sektor pariwista termasuk dalam Upah Minimum Sektoral Provinsi dengan kisaran angka 3,8 juta, itu adalah basic salary. Manaman berharap dengan adanya UMSP kesejahteraan pekerja sektor pariwisata akan lebih meningkat lagi, sebuah harapan yang tidak muluk sebenarnya, dan itu di dapatkan dengan cara berjuang dengan sungguh sungguh.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *