Artikel

Menghitung Secara Cermat Dan Tepat Struktur Dan Skala Upah

Peserta training menyimak penuturan narsum tentang skala upah(dokumentasi : TI)

 

Bertempat di ruang Discovery Lantai 4 Gedung Corporate University United Tractor yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi KM 22 Cakung, Jakarta Timur, sektor Commerece & Ritel yang merupakan bagian dari ASPEK Indonesia mempersembahkan event Training Struktur Skala & Skala Upah. Hal ini menjadi penting agar afliasi yang tergabung dalam ASPEK Indonesia menjadi paham ketika melakukan perundingan Perjanjian Kerja Bersama dalam menenukan skala upah.

Menurut Rudi  Kusthana yang menjabat ke Ketua Umum Serikat Pekerja United Tractor, pemahaman akan skala upah di perlukan meski hingga saat ini PP 78 Tahun 2015 mendapat banyak penolakan dari kalangan buruh. Dari pihak management United Tractor yang di wakili oleh Ibu Endang Handayani bahwa acara training skala pengupahan menjadi penting karena membuka ruang dialog dua arah antara pihak pekerja dan juga pengusaha, diskusi dengan arah yang tepat memungkinkan terjadinya hubungan industrial yang lebih harmonis.

Sebelum acara training  struktur skala upah di mulai, berkenan Sekretaris Jenderal ASPEK Indonesia Sabda Pranawa Djati SH memberikan kata sambutan  dengan sebuah pesan bahwa membagi ilmu adalah keniscayaan, ilmu sangat dinamis, anggota afliasi yang mengikuti training di harapkan mampu menyerap ilmu yang di tuturkan nara sumber dan menjadi bekal yang bermanfaat untuk di terapkan ketika terjadinya perundingan dengan perusahaan.

Nara sumber training skala struktur skala upah, Muhammad Hakim memaparkan secara rinci langkah per langkah bagaimana kenaikan gaji pekerja di tinjau setiap satu tahun sekali dengan jumlah kenaikan atas dasar inflasi, berdasar kinerja ataupun kenaikan gaji di tinjau dari ketetapan direksi, selain itu faktor kenaikan gaji bisa di rundingkan atau di musyawarahkan dengan Serikat Pekerja.

Peserta training bernama Supriyanto yang juga ketua umum SP Ramayana Lestari Sentosa mengaku senang mengikuti acara yang di selenggarakan pada tanggal 9 Maret 2017 ini, menurut Supriyanto training ini membuka cakrawala berpikir agar saat melakukan perundingan dapat memberikan argumen tepat kenapa skala upah harus di lakukan perusahaan.

 

Peserta training dalam sesi poto bersama seusai acara(dokumentasi:TI)

 

Beberapa afliasi ASPEK Indonesia tampak mengikuti training, hadir SP Hero Super Market, SP RALS, SP Tip Top, SP Lotte, SP United Tractor. Semoga dengan di adakannya Training Struktur Skala Upah akan memberikan dampak positif bagi peserta ketika melakukan perundingan, sukses selalu untuk sektor Commerece & Ritel. (TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *