Artikel

Oleh – Oleh Rakernas ASPEK Indonesia

Rakernas ASPEK Indonesia yang berlangsung di Cisarua(dokpri)

ASPEK Indonesia, sebuah federasi serikat pekerja tingkat nasional yang memayungi kaum P1300215pekerja di sektor jasa, mengadakan Rapat Kerja Nasional di Wisma Loka Wiratama Cisarua-Bogor dan berlangsung pada tanggal 29-31 Januari 2016.

Rapat Kerja Nasional ASPEK Indonesia ini pun di hadiri perwakilan Dewan Pengurus Wilayah Aceh, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jawa Timur serta Bali. Hadir dalam pembukaan Rakernas yakni Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia(KSPI) Muhammad Rusdi, presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat SE, perwakilan UNI Asia Pasifik yang di wakili oleh DR Kun Wardana.

Peserta Rakernas ASPEK Indonesia terlihat bersemangat mendengar pemaparan strategi perjuangan buruh di Indonesia, ada tiga parameter yang di gunakan untuk melihat apakah standar kesejahteraan buruh telah tercapai, Muhammad Rusdi sebagai Sekjend KSPI menyebutkan paling tidak tolak ukur sejahteranya buruh adalah kualitas kualitas, jaminan sosial dan kepastian kerja. Lebih lanjut lagi Rusdi berkata dalam sebuah laporan ILO Jakarta, untuk saat ini rata rata upah pekerja Indonesia sekarang di bawah pekerja Vietnam, dan untuk jaminan pensiun pun, para pekerja Vietnam memiliki rata rata persentasi iurannya lebih tinggi di banding pekerja Indonesia.

Perwakilan UNI Asia Pasifik, DR Kun Wardana mengatakan dalam kata sambutannya, di era digital seperti sekarang ini, trend sektor jasa akan meningkat pesat, dan ini merupakan momentum bagi Aspek Indonesia untuk mengembangkan knowledge para anggota afliasi, dan juga tantangan MEA atau pasar bebas ASEAN bukan untuk di hindari namun kita harus menghadapinya, DR Kun Wardana yang juga dewan pakar ASPEK Indonesia, berharap agar Aspek Indonesia terus menumbuhkan irama sosial dialog dalam penerapan hubungan industrialnya.

Presiden ASPEK Indonesia sangat bergembira dengan suksesnya peyelenggaraan Rakernas tahun ini yang di hadiri seluruh jajaran Dewan Pengurus Wilayah, semoga ke depannya ASPEK Indonesia akan terus melakukan peningkatan kinerja dan bersinergi dengan pemerintah dan juga pengusaha sehingga terjalin kerjasama hubungan industrial yang harmonis. Agenda Rakernas ASPEK Indonesia adalah menambah Dewan Pengurus Wilayah di seluruh Indonesia, meningkatkan kualitas pekerja yang bernaung di bawah bendera ASPEK Indonesia, serta memperkuat tim media agar ASPEK Indonesia lebih di kenal oleh para pekerja di seluruh Indonesia.

Sukses untuk berlangsungnya Rakernas ASPEK Indonesia, semoga semangat Bersatu, Berjuang, Sejahtera yang selama ini menjadi semboyan ASPEK Indonesia dapat diraih dengan kerja keras dan kerja cerdas, dan rencana rencana kerja selama tahun 2016 dapat di wujudkan dengan pencapaian yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya, salam sejahtera bagi seluruh buruh Indonesia, buruh sejahtera negara pun sejahtera, hidup buruh. (topik)

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/topikirawan/rakernas-aspek-indonesia_56ae51408e7e61e719c3ba94

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *