Pentingnya Perjanjian Kerja Bersama Bagi Serikat Pekerja

Sekjend SP United Tractor, Bro Mulyono sebagai narsum training PKB(Tim Media ASPEK/Rastra)

 

Saat Serikat Pekerja di dirikan dengan semangat membuncah, kebebasan berserikat yang di jamin Undang Undang, ada terselip mimpi berikutnya yakni mempunyai sebuah bentuk Perjanjian Kerja Bersama yang menaungi seluruh anggota serikat pekerja. Namun dalam perjalanan waktu, PKB seakan menjadi sebuah angan angan, meski telah bertahun tahun berdiri sebagai sebuah serikat pekerja namun kenyataannya PKB tak kunjung hadir secara sah dengan sebuah tanda tangan para pengurus serikat pekerja dan juga pihak management.

Untuk membuka cakrawala berpikir tentang pentingnya Perjanjian Kerja Bersama bagi pengurus dan juga anggota serikat pekerja. ASPEK Indonesia yang selama ini di kenal sebagai sebuah federasi yang mengedepankan sosial dialog dalam arah perjuangan. Pada tanggal 25 Maret 2017 yang bertempat di sekretariat ASPEK Indonesia di adakan training Perjanjian Kerja Bersama Sektor Commerce & Ritel.

Adapun nara sumber adalah Bro Mulyono yang saat ini menduduki jabatan Sekretaris Jenderal Serikat Pekerja United Tractor, Wakil Presiden ASPEK Indonesia yang juga merupakan ketua umum Serikat Pekerja Hero Super Market, bro Jakwan. Nara sumber ketiga adalah Muhammad Hakim yang merupakan mantan  Presiden ASPEK Indonesia.

Dalam salah satu materi yang di bawakan oleh bro Mulyono adalah tentang tahapan tahapan perundingan yang memiliki 4 phase yakni perumusan, perundingan, pengesahan dan juga sosialisasi. Mulyono juga memaparkan  tentang tata tertib perundingan tentang hal hal yang perlu di pertegas ruang lingkup perundingan, risalah perundingan, tata cara pembahasan materi dan penetapan kesepakatan.

 

Peserta pelatihan menyimak penuturan narsum tentang teknik berunding PKB(Team Media ASPEK/Rastra)

Sedangkan nara sumber yakni bro Jakwan dan Muhammad Hakim memaparkan bagaimana keberhasilan konsep berunding dari team Serikat Pekerja Hero Super Market yang berhasil dalam goal setting PKB. Saat ini SPHS merupakan afliasi ASPEK Indonesia yang telah menerapkan hubungan sosial dialog secara berkesinambungan dengan pihak management. Semoga dengan training PKB untuk sektor Commerece dan Ritel memberikan angin segar agar Perjanjian Kerja Sama akan menjadi trend positif bagi afliasi yang selama ini belum memiliki PKB.(Team Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *