Save Bro Arkun Save Bro Deni, Menyelamatkan Eksistensi Serikat Pekerja

 

Dukungan DPW ASPEK Jawa Barat untuk bro Aris Kuncoro(Dok Media ASPEK)

 

Berserikat bagi pekerja di negeri ini bukan serta merta akan melewati jalan yang lurus tanpa onak dan duri, meski di jamin Undang Undang bahwa kebebasan berserikat adalah hak pekerja namun kenyataannya berserikat tetaplah memiliki resistensi terhadap pekerja. Berapa banyak kasus Union Busting alias pemberangusan peran serikat pekerja oleh perusahaan perusahaan karena hadirnya serikat kerja. Maka cerita tentang duka lara pekerja ketika berserikat menjadi keniscayaan yang menghiasi hari hari para pekerja.

Pemutusan hubungan kerja secara sepihak menerpa ketua umum SP Linfox Logistik, Bro Aris Kuncoro dan juga ketua umum SP Ikrar Mandiri Abadi, Bro Deni Sofian. Alasan utama dari ancaman PHK adalah tentang efisiensi. Menurut presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat SE  berpendapat bahwa tidak boleh ada bentuk arogansi management terhadap  pengurus serikat pekerja, bila memang ada perselisihan maka jalan perundinganlah yang semestinya di kedepankan.

Saat ini kedua ketua umum serikat pekerja yakni Bro Aris Kuncoro dan juga Bro Deni Sofian di ambang mengalami pemutusan hubungan kerja, namun ASPEK Indonesia sebagai induk organisasi dari SP LLI dan juga SP Ikrar Mandiri Abadi terus berupaya agar kedua ketua umum ini tetap bekerja. Dukungan penuh juga di lakukan oleh para anggota serikat pekerja dengan beragam cara, ada yang mendukung secara nyata dengan melakukan dialog dialog dengan management. Ada pula yang memberi dukungan melalui dunia maya dengan menyimbolkan perlawanan dan membuat taggar #SaveKetumSPLLI, #SaveBroArkun, #SaveBroDeni.

Mirah Sumirat menegaskan bahwa ASPEK Indonesia akan terus mengawal kasus union busting ini, dalam sebuah pernyataannya presiden menyerukan bahwa para ketua umum ini bukanlah melakukan tindakan yang menjurus ke tindak pidana sehingga ASPEK Indonesia akan melakukan upaya pembelaan secara all out.

Beberapa rekan afliasi pun turut mengungkapkan pembelaannya terhadap bro Arkun dan bro deni, dari SP RALS mengucapkan dukungan yang di suarakan Sekretaris Jenderal, bro Saliman yang menyatakan bahwa tindakan union busting tak bisa di lakukan begitu saja. Suara senada di ucapkan oleh ketua umum Sejagad, Alfasah yang menyayangkan tindakan management yang bersikap semena mena terhadap pengurus serikat pekerja.

Sudah saatnya kita semua membela bro Aris Kuncoro dan juga bro Deni Sofian, pertaruhan eksistensi serikat pekerja ada di sini, hanya satu kata untuk kita semua, “LAWAN”! (Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *