SP AMCOR, Menyusun Asa PKB Dengan Kejernihan Berpikir

 

Pengurus SP Amcor berembug untuk pembahasan draft PKB(Dok Okta Joni)      

 

Tak dapat di pungkiri bahwa mimpi semua serikat pekerja adalah memiliki Perjanjian Kerja Bersama, setelah di bentuk  dan mengkonsolidasikan anggota maka langkah berikut ke tahap lebih tinggi dengan menyusun PKB. Dasar hukum dari penyusunan PKB termaktub dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, terperinci dari pasal 115 hingga 135. Aturan lainnya adalah tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 28 tahun 2014 tentang cara Pembuatan dan Pengesahan Peraturan Perusahaan Serta Pembuatan dan Pendaftaran Perjanjian Kerja Bersama.

 

Semoga draft PKB SP Amcor memenuhi harapan para anggota(dok Okta Joni)

 

Progres draft penyusunan PKB di lakukan oleh Serikat Pekerja Amcor, meski relatif baru sebagai afliasi ASPEK Indonesia namun spirit untuk membuat PKB patut di acungi jempol. SP Amcor dengan komposisi kepengurusan, Hafis sebagai Ketua, Rohmad menjabat Sekretaris Jenderal, Okta Joni memangku jabatan Wakil Ketua, Bendahara di pegang sis Eliana Safitri, Junaidi Rahman dipercaya sebagai sekretaris dan bro Suhaidi sebagai Dewan Pembina SP Amcor.

Di kawasan Situ Cipondoh yang beralamat di jalan KH Hasyim Ashari, kota Tangerang Banten, pengurus SP Amcor berembug membahas draft PKB. PT Amcor yang merupakan perusahaan multi nasional dan bergerak dalam pengemasan plastik dengan produk produk seperti plastik kemasan, lid, cup dan juga label packaging. Perusahaan ini  beroperasi di lima benua dan berada di 157 negara dengan kantor pusat di Australia.

Di tanah air PT Amcor memiliki dua pabrik yang berlokasi  di Jakarta dan Tangerang, dalam telewicara bersama Tim Media ASPEK, salah satu pengurus Serikat Pekerja Amcor yakni Okta Joni, dengan komposisi karyawan di Jakarta sebanyak 435 orang. Hingga saat ini 70% telah menjadi anggota serikat pekerja, dengan mengutamakan asas musyawarah dan mufakat di setiap mengambil kebijakan yang berhubungan dengan karyawan.

 

Sejauh ini management cukup kooperatif dengan keberadaan serikat pekerja. Okta Joni menambahkan bahwa SP Amcor senantiasa menjaga hubungan industrial dengan harmonis agar yang bertujuan perusahaan pun berjalan dengan baik dan kesejahteraan pun di rasakan oleh seluruh karyawan.

Semoga Situ Cipondoh menjadi inspirasi untuk membuka cakrawala berpikir bagi pengurus untuk menyusun pasal demi pasal, bab demi bab yang nantinya akan menjadi sebuah Perjanjian Kerja Bersama yang mampu mengakomodir keinginan karyawan dan management, selamat bekerja untuk pengurus SP Amcor dan berpikirlah dengan jernih sehinga hasil akhirnya membuat semua karyawan merasakan sebuah kesejahteraan yang terasa nyata.(Media ASPEK-TI,OJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *