Tantangan Dan Peluang Sektor Grafika di Era Teknologi Digital Printing

Regional Evaluation/Planning Seminar, tantangan digital printing yang harus di sikapi dengan bijak(dokumentasi: Made Purwanto)

 

Perkembangan pesat teknologi tak bisa di elakan lagi, kecanggihan teknologi digital printing memudahkan orang orang untuk memanfaatkannya agar mempermudah kehidupan, sebagai salah satu federasi pekerja yang mempunyai afliasi yang bergerak di sektor grafika. ASPEK Indonesia mengupayakan penguatan sektor sektor yang bernaung di dalamnya.

Beberapa afliasi ASPEK Indonesia yang tergabung dalam sektor Grafika seperti SP Balai Pustaka, Sekar AGP, SP Inti Rimbo, SPA AFI terus berupaya beradaptasi dengan percepatan teknologi grafika yang terus memunculkan teknologi kekinian seperti Printer 3D serta digital printing yang merupakan ancaman serius bagi perkembangan serikat pekerja. Tak bisa terus berpangku tangan dan meratapi nasib, ada solusi di antara himpitan dan tantangan.

Untuk menjawab tantangan di perlukan langkah langkah strategis, salah satunya adalah dengan di selenggarakannya Regional Evaluation/Planning Seminar of the Union to Union Project “ Building Strategic Power in MNC  in the Graphical and Packaging Sector” di Hotel Aston Simatupang pada tanggal 8-9 April 2017. Acara di hadiri Lorainne Casin yang saat ini menjabat sebagai Presiden UNI G&P sector, Kun Wardhana dari UNI APRO, Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat SE, Javier Carles Head of UNI G&P-Switzerland, Somboon Subsarn UNI DOC- Thailand, Rajendra Acharya UNI APRO-Nepal, Hanum Abdul Gani UNI MLC- Malaysia.

Titik fokus seminar adalah konsolidasi untuk wilayah Asia Tenggara untuk penguatan sektor grafika serta kegiatan evaluasi tentang sejumlah target yang harus teralisasi dan rencana strategi mencakup 5 tahun ke depan. Dalam hal ini Brother  Mohamed BP Mammal dari UNI MLC Malaysia mengatakan bahwa pesatnya teknologi haruslah di sikapi dengan bersatunya serikat pekerja, karena dengan persatuan yang kuat akan memberikan dampak positif bagi para pekerja yang berserikat.

 

Sekjed ASPEK Indonesia, Sabda Pranawa Djati SH di acara Regional Evaluation/Planning Seminar(dokumentasi:Made Purwanto)

Semoga Serikat Pekerja terutama yang berkecimpung di dunia grafika mampu mengambil manfaat Regional Evaluation/Planning Seminar, mampu menerjemahkan target dan indikator kesuksesan, waktunya bekerja dengan optimal sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan rakyat Indonesia pada umumnya. Selamat untuk rekan rekan di sektor grafika yang telah menyelenggarakan seminar dengan cakupan lintas negara.(Tim Media ASPEK/TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *