Tarik Ulur UMSP Sektor Ritel Di Angka Psikologis 17%

Suasana perundingan UMSP antara ABBRI dengan Aprindo(dok Media ASPEK)

 

Saat ini buruh di sektor ritel provinsi DKI Jakarta tampaknya belum bisa bernafas lega perihal Upah Minimum Sektoral Provinsi, ada keenganan dari pihak Aprindo untuk meneken angka 17% dari UMP bagi sektor ritel. Jalan panjang diplomasi maupun aksi aksi di jalanan tampaknya akan menjadi warna lain agar adanya UMSP sebesar 17% dari UMP 2018 bukanlah bayang bayang semu dan tak pernah terwujud.

Aliansi Buruh Bersatu Ritel Indonesia yang di motori oleh ASPEK Indonesia serta Federasi Serikat Pekerja Mandiri melakukan upaya perundingan UMSP dengan Aprindo pada tanggal 6 Februari 2018. Bertempat di kantor DPP Aprindo yang berlokasi di Komplek Rasuna Epicentrum, Rasuna Office Park Blok ZO Nomor 3 & 6, Jalan HR. Rasuna Said Kuningan, Jakarta.

Delegasi ABBRI yang di pimpin oleh Encep Supriadi, yang menyodorkan data dari PDRB DKI untuk tahun 2018 dengan adanya kenaikan di sektor usaha ritel  sebesar 17%. Berdasar hal tersebut maka ABBRI menganggap layak usulan kepada Aprindo agar merkomendasikan  penetapan UMSP sektor ritel sebesar 17% dari UMP 2018.

Poto bersama delegasi ABBRI dengan Aprindo seusai perundingan(dok Media ASPEK)

Di sisi lain, pihak Aprindo mengemukakan bahwa besaran PDRB yang di keluarka BPS yang menyentuh angka 17% adalah tidak riil pertumbuhan ritel namun angka itu merupakan kelompok perdagangan besar, eceran, reparasi mobil serta sepeda motor. Selain itu Aprindo merujuk pada kenyataan bahwa pertumbuhan ritel mengalami penurunan di sebabkan usaha ritel banyak mengalami gulung tikar dan menutup gerai gerainya.

Sehingga jika menilik dari point tersebut, Aprindo tidak sependapat dengan ABBRI dan tak sepakat untuk melaksanakan UMSP. Tarik ulur antar ABBRI dan juga Aprindo memberikan sebuah simpulan yakni ABBRI menghendaki adanya UMSP sebesar 17% dari UMP 2018 namun Aprindo tetap keukeuh bahwa tidak perlu adanya UMSP.

Nampaknya buruh sektor ritel harus bersabar menunggu moment UMSP, apapun keadaannya perjuangan akan terus di lanjutkan, ayo kita bersatu untuk kesejahteraan bersama.(Tim Media ASPEK/TI,ES)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *